Phalaenopsis

Phalaenopsis merupakan genus Anggrek yang tersohor, dan memiliki kurang lebih 60 species. Melalui banyak pengembangan hibrida buatan, Anggrek Phalaenopsis menjadi Anggrek yang kaya warna dan memiliki bentuk yang menggemaskan (versi penulis :D ).

Oleh Carolus Linnaeus, Phalaenopsis ini diberi nama atas dasar bentuknya yang menyerupai ngengat berukuran besar. Karena itu pula, terkadang Anggrek jenis ini disebut juga dengan Anggrek Ngengat.

Phalaenopsis kebanyakan adalah epifit, dan banyak dijumpai di Asia. Bahkan di Indonesia salah satu speciesnya menjadi bunga lambang kebanggaan Negara, yaitu Anggrek Bulan (Phalaenopsis Amabilis).

Phalaenopsis adalah jenis Anggrek monopodial, yaitu Anggrek yang arah tumbuhnya ke atas dan tangkai bunga tumbuh diantara ketiak-ketiak daunnya. Batangnya tebal berdaging. Bunganya beberapa berbentuk bulat-bulat, tetapi beberapa juga berbentuk bintang. Daunnya melebar di ujung dan cenderung besar dan panjang. Phalaenopsis sangat suka ‘suasana’ redup dan banyak angin, maka jika kita mempunyai Anggrek jenis ini, lebih baik kita letakkan di bawah paranet setidaknya 50%.

Phalaenopsis adalah Anggrek yang cukup membuat lega para pengoleksinya, karena ketika dia mekar, bunga Anggrek jenis ini bisa kita nikmati sampai beberapa minggu lamanya…puassss :)

 

Phalaenopsis Koleksi Taman Anggrek Titi Orchids

Stock untuk Phalaenopsis ini ratusan, bahkan untuk jenis spcies Phalaenopsis amabilis mencapai angka lebih dari 400pcs

One Response to Phalaenopsis

  1. eka putra hendra says:

    ibu,

    Stock phal. species ini ada?
    1. phal. stobartiana
    2. phal. braceana
    3. phal. fuscata
    4. phal. natmataungensis
    5. phal. molipoensis
    6. phal. speciosa
    7. phal. wilsonii
    8. phal. hainanensis
    9. phal. regneriana
    10. phal. doweryensis
    11. phal. robinsonii

    Mohon infonya.

    Terima kasih
    Eka